Kamis, 06 Oktober 2011

Tips Menang Lomba Menulis Cerpen

Tips menang lomba penulisan cerita pendek ini saya dapatkan ketika saya merenung dan mendapat wangsit dari penghuni WC. Terimakasih mas... Saya tidak menjamin tips dan trik ini bisa berlaku pada setiap orang. Yang jelas bagi saya adalah hal itu terbukti dalam lomba pertama saya yang menghasilkan satu setengah juta rupiah.


Tips pertama: Jangan menulis terlalu panjang. Namanya Cerpen tentu saja harus pendek. Semua aturan akan diatur dalam tata tertib yang akan diterbitkan oleh penyelenggara. Kita sebagai peserta manut saja. Panjang pendek nya cerita akan ditandai dengan jumlah kata, jumlah halaman, atau jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu kali membaca. Semuanya tergantung pada dewan juri yang tidak mau diganggu gugat. Jadi, baik-baiklah pada Juri, supaya mendapat bocoran skala apa yang dijadikan pedoman mengukur panjang pendeknya cerpen.

Tips dan Trik yang kedua adalah: Jangan menggunakan kata-kata yang bersifat bias. Bias itu artinya kabur. Jadi gunakan font yang tegas supaya kata-kata yang dihasilkannya tidak kabur. Atau kalau mau sedikit repot, gunakan font cage untuk mengurung kata-kata agar tetap berada di tempatnya alias tidak kabur.

Tips ketiga adalah: Hilangkan perasaan khawatir. Khawatir menang, khawatir kalah, atau khawatir tidak jadi tulisannya. Itu adalah perasaan khawatir yang biasa muncul saat menulis cerpen. Bayangkan rasa khawatir apalagi yang timbul jika kita menulis novel? Jadi, hilangkan rasa khawatir tadi dengan cara mendengarkan musik korea, atau lagu-lagu tradisional, juga bisa dengan cara membuka jendela Anda lebar-lebar lalu buang komputer yang Anda pakai buat menulis cerpen. Hilang sudah khawatir yang menghadang.

Trik keempat adalah: Menulis. Jangan hanya baca tips dan trik saja, menulislah. Tulislah sesuai dengan kemampuan ekonomi Anda, laptop, komputer, atau tulis tangan. Terserah, yang penting menulis.

Sudah. Sementara segitu dulu, barangkali ada rekan yang sudi menambahkan ide lain, silahkan dituliskan...
terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar